“Kami memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas dukungan Bapak-Ibu selama ini kepada BKI sekaligus pula diharapkan untuk memotivasi perusahaan-perusahaan lainnya,” kata Kepala Cabang Klas BKI Jambi Sindu Purwanto ketika menyerahkan penghargaan kepada perusahaan pelayaran dan galangan kapal yang memberikan kontribusi positif dalam hubungan sinergi BKI dengan pemakai jasanya, pada acara customer meeting yang diadakan di Hotel Abadi Jambi, 17 Maret 2016.

“Customer meeting ini juga menjadi sarana untuk menginformasikan hal-hal baru dan perkembangan-perkembangan peraturan BKI kepada para pemakai jasa,” kata Sindu.

“Aturan BKI bukan untuk mempersulit atau menghambat Bapak-Ibu pemilik kapal, tapi untuk menjaga agar kapal Bapak-Ibu terawat dengan baik karena selalu ada yang memonitor perawatannya,” tambahnya.

Direktur Klasifikasi BKI Iman Satria Utama dalam sambutannya mengatakan bahwa customer meeting ini memang diadakan untuk lebih mendekatkan dan meningkatkan pelayanan BKI dengan para pemakai jasanya terutama yang ada di daerah-daerah.

“Untuk mempercepat pelayanan, BKI telah membentuk regionalisasi, sehingga urusan yang semula harus diproses dan diselesaikan di Pusat sekarang cukup di regionalnya. Cabang Jambi ini berada di bawah koordinasi Regional Batam. Harapannya dengan adanya regionalisasi ini pelayanan akan lebih cepat dan lebih baik,” kata Iman Satria.

Tiga perusahaan yang pada kesempatan itu mendapatkan penghargaan adalah PT Kurnia Tunggal Nugraha sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi dengan pembayaran paling tepat waktu, PT Pelayaran Nasional Mitratirta Lokalestari sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi pendapatan paling besar, dan PT Sabang Raya Indah sebagai perusahaan yang berkontribusi dengan paling taat aturan BKI.

Sementera itu pendiri dan pemilik galangan kapal PT Sabang Raya Indah, Sukirman Johan yang memberikan sambutan mewakili pemakai jasa mengatakan bahwa pihaknya menganggap penting acara customer meeting BKI ini.

“Kemajuan BKI selama ini dari segi pelayanan cukup pesat. Hubungan kami selama ini dengan BKI baik, jika ada masalah-masalah kecil itu biasa dan selama ini selalu bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik. Kegiatan customer meeting ini penting sebagai forum komunikasi antara BKI dengan para pelanggannya mengenai kemajuan dan aturan-aturan BKI,” terang Sukirman. **