Jakarta, 24 September 2020 –PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) tandatangani MoU dengan Universitas Indonesia. Penandatanganan ini langsung dilakukan oleh Direktur Utama BKI Dr. Rudiyanto bersama dengan Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian di Kampus Unhan Salemba (24/09).

 

Dalam pembukaannya, Direktur Utama BKI mengemukakan bahwa sebagai negara no.6 terbesar dibidang kesediaan armada laut, BKI diharapkan bisa menguasai pasar maritim di asia tenggara. Kerjasama dengan Unhan sejalan dengan keberadaan RnD, dengan adanya RnD disetiap tahunnya dapat dilaksanakan penelitian di bidang maritim dan pembentukan aturan yang berkaitan dengan konvensi IMO membantu Stakeholder (Kemenhub). Kinerja BKI menuju badan klasifikasi berkelas dunia tidak lepas dari kontribusi institusi akademik (dlm hal ini Unhan prodi keamanan maritim).

 

Kedepannya kerjasama akan ditindaklanjuti dengan kolaborasi antara BKI Academy, sebuah Unit layanan training course berupa public training dan in house training dengan beberapa market kategori dan bidang yang terkait dengan sektor kemaritiman, dengan Fakultas Keamanan Nasional Unhan.

 

“Kerjasama antara Unhan dengan BKI melalui BKI Academy diharapkan akan menjadi kerjasama yang menguntungkan. Dalam waktu dekat BKI dan Unhan akan melaksanakan kerjasama dibidang penelitian. Harapan kedepannya BKI dapat mengklasifikasikan seluruh kapal Indonesia,” sambut Rektor Unhan.