Page 73 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 73






Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifkasi Indonesia



7. Mitigasi/ Rekomendasi 8. Daftar Pustaka :

Penilaian resiko yang telah dilakukan pada studi ini menghasilkan 1. API RP 2A, (2000) Recommended Practice for Planning, Designing
level resiko menengah (medium), level resiko yang masih & Constructing Fixed Ofshore Platforms Working Stress Design ,
dapat diterima. Namun alangkah baiknya jika resiko tersebut 21th Edition, American Petroleum Institue.
di turunkan menjadi resiko yang lebih rendah (low risk). Oleh 2. Irfan, Muhammad. (2011). Analisa Kelelahan Berbasis Resiko Pada
karena itu perlu adanya mitigasi. Mitigasi adalah tindakan ETB Jacket platform untuk Perpanjangan Umur Operasi . Tugas
yang dilakukan untuk menurunkan level resiko yang didapat Akhir, Jurusan Teknik Kelautan. ITS
dengan minimumkan konsekuensi akibat dari kegagalan
struktur atau meminimukan frekuensinya. Pada studi ini, mitigasi 3. Norsok Standard Z-008. 2010. Risk Based Maintenance and
yang direkomendasikan yaitu dengan melakukan langkah- consequence classfcation .
langkah antisipasi dan perventif agar peluang kegagalan 4. Omotoso, M.F., Salau,M.A., & Esezobor D.E. (2011). Risk Based
struktur akibat bahaya kelelahan struktur menurun dengan Assessment for Ofshore Jacket Platform in Nigeria Delta, Nigeria
melakukan : (Corrosion and Fatigue Hazards). ARPN Jounal of Anginering nad
Apllied Science. Vol 6 No.12. Des 2011
1. Membuat program inspeksi yang terpadu berdasarkan
resiko (RBI) 5. Sulistiyono, Bhakti. (2010). Analisa Resiko Operasional Struktur .
Tugas AKhir, Jurusan Teknik Kelautan. ITS
2. Membuat Sistem perbaikan dan pengganti komponen
yang baik 9. Biodata Penulis
3. Membuat Sistem pembaharuan catodic protection Muhammad Irfan, S.T, staf peneliti di satuan penelitian
dan pengembangan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero),
4. Menjamin kualitas pengelasan yang baik
dengan bidang keahlian struktur bangunan laut (offshore
5. Ketentuan toleransi korosi strcture). Penulis lulus Sarjana (S1) pada tahun 2011 di Teknik

Dengan mengimplementasikan mitigasi diatas,diharapkan Kelautan ITS Surabaya. Saat ini penulis sedang menempuh
resiko yang didapat akibat bahaya kelelahan struktur dapat pendidikan Magister Teknik (S2) di Program Pascasarjana
menurun menjadi level resiko rendah (low risk) sehingga dengan Teknologi Kelautan bidang Teknik Perencanaan Bangunan
resiko yang ditanggung struktur saat ini memungkinkan untuk Laut di ITS Surabaya. Saat ini penulis sedang menyusun
struktur melanjutkan / memperpanjang umur operasinya Tesis tentang analisis kelelahan mooring line pada Singgle
selama 20 tahun mendatang (hingga 2028). Poin Mooring (SPM).




































Jurnal Teknik BKI 73
Edisi 01- Juni 2014
   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78