Page 21 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 21
Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifkasi Indonesia
3.1.2.4: Initial GMt GM at 0.0 deg = 4.546 m
Max GZ = 0.489 m at 9 deg.
0.4
3.2.2: Severe w ind and rolling Wind Heeling (gust)
3.2.2: Severe w ind and rolling Wind Heeling (steady)
0
GZ m -0.4
-0.8
-1.2
-1.6
-20 -10 0 10 20 30 40 50
Heel to Starboard deg.
Gambar 5 Kurva stabilitas kompartemen void ketika bocor
0.800
0.700
0.600
Index of A & R 0.400
0.500
0.300
0.200
0.100
0.000
0 1 2 3 4
No. of zones damaged
A R As Ap Al
Gambar 6 Perbandingan hasil perhitungan nilai indek A dan R
A B C D E
0.030
0.025
0.020 1-zone
Indek A 0.015 2-zone
3-zone
0.010
0.005
0.000
0 5 10 15 20 25 30 35 40
Panjang Kapal (m)
Gambar 7 Distribusi nilai indek A terhadap panjang kapal
Jurnal Teknik BKI 21
Edisi 01- Juni 2014