Page 18 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 18

A,B,
C,D,
E
B1,C,
D,E
C,D
D,E
C,D2
B,C,
D2
D
A,B, A,B,C A,B, A,B, B,C,D B2,C, C,D B2,C, C,D,E C1,D,E
B2,C,
B,C
C1 D2
A,B D,E
B2,C C,D2
B,C1 C1,D
A,B1 D1,E
B C D
B2, C1,
A B1 C1 D2 D1 E
B2 C1 C2 C1 D2
Gambar 3 menunjukkan rencana umum kapal untuk penyekatan zona yang mengasumsikan semua kompartemen bocor
tangki dan kompartemen, dimana kapal memiliki 4 sekat dengan batasan sekat melintang. Untuk perhitungan indek
melintang selebar kapal dan sekat memanjang pada tangki R banyak dipengaruhi jumlah penumpang dikapal, adapun
A,B,
C,D,
bahan bakar, tangki air tawar dan ruang kontrol. hasil perhitungan yaitu:
E
500
A,B, B1,C, R = 1− = 0.742 (6)
C,D D,E L + 2.5N + 15.225
S
B2,C,
A,B, D,E
C,D2 B,C,D

A,B,C C,D,E
A,B,
C,D, B,C, B2,C,
E
D2 D
A,B, B1,C,
C,D D,E
A,B, B,C B2,C, C,D C1,D,E
C1 D2
B2,C,
A,B, D,E
C,D2 B,C,D
A,B,C A,B C,D,E D,E
B,C, B2,C, B2,C C,D2
D2 D
B,C1 C1,D
A,B, B,C B2,C, C,D C1,D,E
C1 A,B1 D1,E
D2
A,B B D,E C D
B2,C C,D2
B,C1 C1,D B2, C1,
A,B1 D1,E A D2 B C D E
C1
B A C B1 D D1 E
B2, C1, C1 C1
A B1 C1 D2 D1 B2 E C2 D2
B2 C1 C2 C1 D2
A B C D E




4. Studi Kasus Terdapat tiga kondisi pemuatan sesuai persyaratan SOLAS
2009 yaitu Deepest subdivision, Partial Subdivision dan Light
Analisa dilakukan dengan menghitung nilai indek A Service. Data awal untuk 3 kondisi pemuatan pada saat kapal
untuk setiap kompartemen bocor, hal ini bertujuan untuk utuh ditunjukkan pada Tabel 3.
mendapatkan nilai A yang lebih besar dibanding metode

A B C D E













18 Jurnal Teknik BKI
Edisi 01 - Juni 2014
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23