Page 24 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 24











3. Sensor-sensor yang terhubung Pada kapal bangunan lama tidak semua peralatan harus
terhubung dengan S-VDR yang mana disesuaikan berdasarkan
Untuk menjalankan fungsinya sebagai black box, tentunya kondisi item yang tersedia pada kapal (sesuai dengan tabel
dibutuhkan data-data atau parameter inputan yang diperlukan 1). Persyaratan minimum item-item yang harus terhubung
guna mempermudah pengidentifikasian kecelakaan. Data- (mandatory) untuk S-VDR adalah:
data ini berupa sentences atau dry contact dari peralatan
yang diinputkan ke VDR. Pada table 2 memberikan informasi 1. Data suara melalui Microphone yang terpasang pada
data-data inputan berdasarkan IMO MSC Resolution A.861 (20) anjungan.
performance standards for shipborne voyage data recorder
dan IMO MSC Resolution 163 (78) performance standards for 2. Data posisi latitude dan longitude, tanggal dan waktu
shipborne simplifed voyage data recorder. berdasarkan UTC.




Tabel 2. Input data
No. Input VDR S-VDR
1 Date and Time (referenced to UTC) X X
2 Ship’s Position (latitude and longitude derived from an electronic position-fixing-system) X X
3 Speed (speed through water or speed over the ground) X X
4 Heading (as indicated by the ship’s compass) X X
5 Bridge Audio (one or more microphone) depending on the wheel house configuration X X
6 Communication Audio (VHF communication relating to ship operation) X X
7 Radar Data (on the ship’s radar installations) X 1
8 AIS Data 2
9 Depth under keel (Echo Sounder) X 3
10 Main alarm (status of all mandatory alarm on the bridge) X 3
11 Rudder order and response X 3
12 Engine order and response X 3
13 Hull opening status X 3
14 Water tight and Fire door status X 3
15 Acceleration and Hull stresses X 3
16 Wind speed and direction (Anemometer) X 3
17 ECDIS 4
18 Both of radar (X band and S band) 4
19 Rolling motion 4
20 Electronic logbook 4



Keterangan: 3. Data haluan kapal (Gyro compass).

1 Jika tersedia interface untuk radar 4. Data kecepatan kapal.

2 Jika tidak tersedia interface untuk radar atau sumber 5. Komunikasi audio melalui radio VHF.
lainnya
6. Radar, apabila tidak tersedia interface untuk radar maka
3 Jika interface tersedia sebagai pengganti diperbolehkan menggunakan data AIS.

4 – Persyaratan tambahan baru sesuai dengan Resolusi IMO
MSC. 333 (90).




24 Jurnal Teknik BKI
Edisi 01 - Juni 2014
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29