Page 58 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 58











b. Formasi SOx 2.2 Peraturan

Sedangkan unsur SOx terbentuk dari fungsi kandungan sulfur Berdasarkan konvensi International yang dilaksanakan
dalam bahan bakar yang terjadi selama proses pembakaran. pada tanggal 26 September 1997tentang polusi emisi gas
Unsur utama SOx adalah SO2, jumlah SOx yang terbentuk buang kapal, dan telah diubah dengan Protokol tahun 1978
dalam mesin selama proses pembakaran terjadi tergantung yang berkaitan dengan peraturan (MARPOL 73/78) tersebut
pada konsentrasi sulfur yang terkandung dalam bahan bakar. diadopsi dan dijadikan sebuah Kode Teknis Pengendalian
Emisi Nitrogen Oksida dari Mesin Diesel yang hingga saat
c. Particulate Matter [PM] ini disebut sebagai NOx Technical Code.

Particulate Matter (PM) atau Partikel debu yang dalam emisi 1. MARPOL 73/78 Annex VI, Regulation 13
gas buang terdiri dari bermacam-macam komponen. Bukan
hanya berbentuk padatan tapi juga berbentuk cairan yang • Tier I (Umum)
mengendap dalam partikel debu. Pada proses pembakaran • Mesin yang dibuat pada atau setelah 1 Januari 2000
debu terbentuk dari pemecahan unsur hidrokarbon dan
proses oksidasi setelahnya. Dalam debu tersebut terkandung • Mesin dengan tenaga lebih besar dari 500 kW, dan
debu sendiri dan beberapa kandungan metal oksida. Dalam dengan kapasitas per silinder 90 liter yang dibuat pada
proses ekspansi selanjutnya di atmosfr, kandungan metal atau setelah 1 Januari 2011

• 17,0 g / kWh untuk n (Daya mesin) kurang dari 130 kW
Tabel 1. Komposisi Gas Buang

Chemical Chemical • 45,0 × n (-0,2) g / kWh untuk n adalah 130 atau lebih
Symbol Symbol
Component Component tetapi kurang dari 2000 rpm
C H 8 Propane NO Nitric Oxide • 9,8 g / kWh untuk n 2000 rpm atau lebih
3
Carbon Nitrogen • Tier II (Umum)
CO NO
monoxide 2 dioxide
• Mesin yang dipasang pada kapal yang dibangun pada
Carbon Oxides of
CO NO atau setelah 1 Januari 2011
2 dioxide X Nitrogen
HC Hydrocarbon O Oxygen • 14,4 g / kWh jika n kurang dari 130 rpm
2
H O Water • 44,0 × n (-0,23) g/kWh untuk n 130 rpm atau lebih
2
tetapi kurang dari 2000 rpm

dan debu tersebut membentuk partikulat. Beberapa unsur • 7,7 g / kWh untuk n 2000 rpm atau lebih
kandungan particulate matter adalah karbon, SOF (Soluble
Organic Fraction), debu, SO4, dan H2O. Sebagian partikel • Tier III (yang digunakan pada NOx ECAs)
keluar dari cerobong kapal sebagai asap hitam tebal, tetapi
yang paling berbahaya adalah butiran-butiran halus sehingga • Mesin yang dibuat pada atau seteah 1 januari 2016 dan
dapat menembus bagian terdalam dari paru-paru. berlayar pada daerah pelayaran NOx-Controlled ECA’s
• 3,4 g / kWh jika n kurang dari 130 rpm

• 9,0 × n (-0,2) g/kWh untuk n adalah 130 atau lebih
tetapi kurang dari 2000 rpm

• 2,0 g / kWh untuk n 2000 rpm atau lebih






58 Jurnal Teknik BKI
Edisi 01 - Juni 2014
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63