Page 60 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 60











6. Aplikasi sistem ini mampu mengurangi emisi SOx 1. Reaksi dari gas buang dengan katalis oksidasi untuk
hingga 19 % mengurangi kandungan hidrokarbon dan mengkonversi
NO menjadi NO2.
7. Cooling System for Energy Efciency, sistem ini mampu
menghemat energi sebesar 90 % 2. Injeksi larutan urea ke dalam aliran gas buang pada tingkat
dosis yang benar dapat menghindari terjadinya penumpukan
8. Turbochargers, pemanfaatan penggunaan turbochargers urea pada dinding knalpot atau pada injektor itu sendiri.
dengan efsiensi tinggi untuk menghasilkan pembakaran
yang lebih sempurna. 3. Reaksi amonia dengan NOx pada katalis SCR untuk
menghasilkan nitrogen dan air.
Bentuk penanganan emisi gas bauang tersebut diatas
memberikan dampak yang lebih besar bagi lingkungan 4. Sebuah katalis oksidasi akhir ini sering dipasang setelah
yaitu dapat menciptakan udara yang bebas dari polusi gas katalis SCR untuk menghancurkan amonia yang tersisa. Hal
beracun, bebas dari hujan asam serta mencegah penipisan ini disebut katalis slip amonia.
lapisan ozon. Berdasarkan data dari Danish. EPA Project, No.
1421, 2012, nilai NOx yang dapat direduksi oleh beberapa
Teknologi penanggulangan pencemaran udara dapat dilihat
pada tabel 2. dibawah berikut ini.


Tabel 2 Tabel nilai reduksi emisi exhaust gas

Metode\ Emisi NOx PM SO CO CO VOC
2 2
WIF Water in fuel 50% 2% 2% 2% 2% 2%

HAM (4 stroke) 65% 0% 0% 0% 0% 0%

SCR 90% 0% 0% 0% 0% 0%

EGR, Based on Tier I 80% 1% 1% 1% 1% 1%

EGR, Based on Tier II 80% 2% 2% 2% 2% 2%
LNG (learn burn) 88% 90% 67% 80% 10-27% 80%




Tabel diatas menunjukkan bahwa teknologi yang paling 3.1 Prinsip Kerja SCR
tinggi megurangi nilai NOx dalam penanggulangan polusi
udara adalah sistem SCR. Dan sistem ini merupakan sebuah Reaksi kimia dari zat amonia yang mengubah nitrogen oksida
metode yang efektif yang sedang dikembangkan oleh para ahli menjadi nitrogen (reaksi oksidasi nitrogen), air dan karbon
mesin diseluruh dunia dan juga merupakan bahan penelitian dioksida (CO2), sehingga hasil akhir dari Sistem tersebut
oleh badan-badan klasifkasi dunia karena pencemaran udara adalah gas buang yang lebih bersih yaitu Nitrogen dan
merupakan suatu hal yang sangat penting. Sistem tersebut air, Hal ini disebut “selektif” karena mengurangi kadar NOx
adalah salah satu teknologi yang paling hemat biaya dan menggunakan urea yang teroksidasi menjadi amonia sebagai
hemat bahan bakar dan sangat berpotensi untuk membantu reduktor dalam sistem katalis. Prinsip kerja dari SCR dapat
mengurangi emisi mesin diesel. dilihat pada gambar 2. dibawah berikut ini.

Sistem ini dapat diimplementasikan dalam berbagai cara
pada mesin diesel. Salah satu konfgurasi yang paling umum
meliputi empat langkah adalah sebagai berikut:




60 Jurnal Teknik BKI
Edisi 01 - Juni 2014
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65