Page 65 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 65






Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifkasi Indonesia


PENILAIAN RESIKO (RISK ASSESSMENT) PADA


STRUKTUR ETB JACKET PLATFORM


TERHADAP BAHAYA KELALAHAN (FATIGUE HAZARD)
UNTUK PERPANJANGAN UMUR OPERASI




Muhammad Irfan connection structure. Based on the analysis of fatigue, then

• Department of Research and obtained lowest fatigue life of the connection structure (joint) of
Development, PT. Biro Klasifkasi 301 and 403 in connection with the member 203-301 and 301-
Indonesia 403 long each with 214.35 and 432.0 years. By doing reliability
• Mahasiswa Pascasarjana Fakultas analysis using Monte Carlo simulation on the connection member
Teknologi Kelautan - ITS that has the lowest fatigue life, obtained probability of failure
per year/ Annual Probability of Failure (PoF) for each connection
• E-mail: irfan11@mhs.na.its.ac.id /
fan.muslim809@gmail.com 301 and 403 is 9.24x10-4 and 3.14x10-3 year-1 with respective
Abstract reliability indices were 3.12 and 2.74. The risk level of safety
containment, environment, production and cost consequences
Service life extension of ofshore structure (jacket platform) at the joint are groupd as Medium Risk Level. Medium Risk Level
has a very large potential risks. This encourages stakeholders, still within safety limit or in other word is acceptable. However,
including academics doing a risk assessment to ensure the it is better if the level of risk is lowered by doing mitigation that
structure has risks that still within safe limits or acceptable. are suggested in this paper.
One risk that needs to be assessed is the danger caused by the
fatigue hazards. In this study, will be discussed about substantial Key words: Spectral Fatigue, Risk, Monte Carlo, Jacket
risk of Jacket Platform caused by fatigue hazards for extended Platform, Reliability Structure.
life operation. Full Spectral Methods used to analyze fatigue



1. Pendahuluan 1 struktur topside yaitu 1 (satu) tingkat dek (Main Deck) pada
EL. +29’ -6” di atas MSL.
ada umumnya anjungan lepas pantai (Jacket Platform)
didesain dengan lama umur operasi sekitar 20 s/d 25 Untuk memenuhi permintaan eksplorasi dan eksploitasi maka
Ptahun (Indiyono, 2006). Setelah mencapai umur desain, umur jacket platfom akan diperpanjang 20 tahun mendatang.
anjungan lepas pantai tidak secara otomatis berhenti beroperasi. Untuk memastikan dan menjamin keamanan operasi secara
Apalagi jika reservoir yang ada diladang kerja (field area) keseluruhan dalam rangka perpanjangan umur operasi, maka
masih menyimpan cadangan hidrokarbon yang cukup tinggi dibutuhkan studi penilaian ulang yang seksama dan teliti.
dan ekonomis, sehingga owner dan operator ladang minyak Hal ini bertujuan untuk mengidentifkasi kemungkinan-
pasti akan berfkir untuk memperpanjang operasi anjungan kemungkinan kerusakan yang terjadi pada struktur. Studi
tersebut walaupun sudah melampaui umur operasi. penilaian ulang pada sebuah platform meliputi tiga hal,
yaitu puhsover analysis, fatigue analysis dan Risk-based
Pada studi ini, objek yang dievaluasi adalah jacket platform Inspection planning (RBI) (Chakrabarti, et al, 2005).
yang dioperasikan diperairan laut Jawa. Platfrom yang berjenis
tripod (tiga kaki) ini berfungsi sebagai well plaform. Jacket Kerusakan bangunan laut, terjadi terutama akibat kelelahan
platform di desain untuk umur operasi selama 15 tahun. Jacket (fatigue), baik pada komponen struktur utama ataupun struktur
Platform dipasang pada tahun 1993. Platform didukung sekunder dan tersier. Dalam hal ini beban gelombang merupakan
oleh struktur jacket tiga kaki (tripod) yang berdiri tegak pada sebab utama terjadinya kelelahan pada struktur. Kelelahan
kedalaman air sekitar 131,71 ft. Jacket platform menopang pada jacket platform pada umumnya terjadi pada joint tubular




Jurnal Teknik BKI 65
Edisi 01- Juni 2014
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70