Page 13 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 13






Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifkasi Indonesia



pihak operasional di atas kapal maupun manajemen • Regulator - Penyelenggara Pelabuhan
keselamatan di darat untuk menangani kondisi darurat Penyeberangan
kebakaran di kapal.
1. Penyempurnaan aturan standar pelayanan
• Sosialisasi keselamatan kepada penumpang dan pengemudi minimal pengoperasian kapal penyeberangan,
tidak berjalan secara efektif sehingga informasi potensi seperti halnya pelarangan penumpang di
bahaya keselamatan operasi kapal tidak diketahui oleh geladak kendaraan selama kapal berlayar
seluruh pelayar. dengan menekankan pada pemberian sanksi
yang jelas dan tegas;
• Muatan di atas truk melebihi kapasitas dan tertutup terpal
sehingga menyulitkan pengawasan dalam hal kebenaran 2. Mengupayakan sistem pemantauan untuk dapat
isi muatan truk, sehingga pihak operator pelayaran hanya mengetahui jumlah dan identitas penumpang
mengandalkan pernyataan dari pemilik truk. secara tepat yang berada di atas kapal;

• Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas pelabuhan kurang 3. Pengawasan terhadap sistem pemuatan di
efektif karena hanya bersifat administratif, sehingga tidak antaranya penerapan jarak antara kendaraan di dek
dapat memverifkasi secara tepat jenis-jenis barang yang kendaraan, berat dan tinggi muatan maksimum di
akan masuk ke kapal. setiap kendaraan truk serta pengawasan terhadap
penempatan kendaraan di kapal (stowage plan)
Berdasarkan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan untuk kepentingan stabilitas kapal;
laut terbakarnya kapal ini, KNKT merekomendasikan 2) hal-
hal berikut kepada pihak-pihak terkait untuk selanjutnya 4. Melakukan pengawasan terhadap barang-barang
dapat diterapkan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya yang dimuat di dalam kendaraan terutama
kecelakaan yang serupa di masa mendatang. barang-barang yang berkategori barang berbahaya;
5. Melakukan pemantauan secara ketat terhadap
• Regulator - Administrator Pelabuhan tinggi muatan di kendaraan truk yang dapat
menghalangi efektiftas kinerja pemadam api
1. Meningkatkan pengawasan terhadap proses tetap (sprinkler).
penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB);
• Operator Kapal Penyeberangan
2. Meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan
sistem manajemen keselamatan (SMK) di atas 1. Menerapkan aturan secara ketat untuk melarang
kapal.



























Gb. 7: Layout kendaraan yang dimuat di geladak upper car deck dan lower car deck KMP.Laut Teduh 2 pada saat terjadinya
musibah tgl.28 Januari 2011




Jurnal Teknik BKI 13
Edisi 01- Juni 2014
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18