Page 39 - Jurnal Teknik BKI Propulsi :Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifikasi Indonesia
P. 39






Penggerak Informasi Teknik Jasa Klasifkasi Indonesia


































Gambar 10. Hasil evaluasi kriteria cuaca kapal 500 GT.


































Gambar 11. Hasil evaluasi kriteria cuaca kapal 750 GT.


lebih kecil, lengan pengganggu akibat angin juga lebih kecil. titik berat (KG) atau akibat pengurangan lambung timbul.
Begitu juga dengan koefsien slope efektif gelombang yang Kedua kemungkinan penyebab tersebut dapat terjadi akibat
lebih kecil dari yang disyaratkan oleh IMO. kelebihan muatan atau penempatan muatan pada posisi yang
lebih tinggi. Kemungkinan pergeseran titik berat juga dapat
Hasil ini menunjukkan bahwa kapal sampel masih dapat terjadi akibat perubahan atau evolusi karakteristik muatan
memenuhi kriteria cuaca berdasarkan kondisi perairan daerah khususnya untuk muatan kendaraan. Perubahan karakteristik
pelayaran pada lengan stabilitas yang lebih kecil. Pengurangan kendaraan termasuk dimensi serta muatan yang diangkut
lengan stabilitas dapat terjadi dengan bertambahnya posisi dapat berpengaruh terhadap perubahan sarat dan titik berat.


Jurnal Teknik BKI 39
Edisi 01- Juni 2014
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44